Berita terbaru


Oktober 2012

WIFI internet yang tersedia


Berita lain »


Hubungi kami


Email

info@bunakenbeachresort.com


Telp/sms

+62 (0) 813 4001 7575 (Erny)
+62 (0) 813 4003 7657



Tripadvisor

The ResortTaman Nasional Bunaken


Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken merupakan taman laut di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Taman yang terletak dekat dengan pusat dari Segitiga Karang, terdapat habitat sekitar 400 spesies karang , ikan, reptil dan spesies mamalia laut. Taman ini merupakan perwakilan dari ekosistem air tropis Indonesia, yang terdiri dari dataran rumput laut, terumbu karang, dan ekosistem pesisir.

Kawasan itu ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1991 dan merupakan di antara yang pertama dari sistem taman laut Indonesia yang semakin berkembang. Ini mencakup luas 890,65 km ², 97% dari habitat laut. Sisanya sebesar 3% dari taman bumi, termasuk lima pulau yakni Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Nain dan Siladen. Bagian selatan Taman mencakup bagian dari pantai Tanjung Kelapa.

Perairan Taman Nasional Bunaken yang berkedalaman sampai 1566 meter di Teluk Manado, dengan suhu berkisar antara 27 dan 29 °C.

Sebuah ekosistem karang yang sangat kaya meliputi sebagian besar Taman Nasional Bunaken, didominasi oleh terumbu tepi dan terumbu karang penghalang. Sebuah fitur yang berbeda adalah dinding karang vertikal 25-50 mtrs yang dihuni oleh berbagai spesies karang. Di darat, pulau ini kaya akan jenis palem, sagu, woka, silar dan kelapa. Spesies hewan yang hidup di darat dan pantai diantaranya Kera Hitam Sulawesi, Rusa Timor, dan Kuskus Beruang Sulawesi. Taman hutan bakau berisi antara lain, Rhizophora dan Sonneratia species. Hutan ini juga kaya dengan jenis kepiting, moluska, lobster dan burung laut seperti burung camar, bangau, merpati laut dan bangau.

Sekitar 100 spesies ikan hidup di perairan taman, di antara mereka menjadi Emperor Angelfish, Almaco Jack, Spotted Seahorse, Blue stripe Snapper, Pinkish Basslet dan Two-lined monocle bream. Spesies moluska termasuk Giant Clam, Horned Helmet Shells, Chambered Nautilus dan ascidia.

Arus Kelautan dapat menjelaskan sebagian mengapa Taman Nasional Bunaken memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Arus timur laut pada umumnya menyapu melalui taman tetapi arus yang berlawanan lebih banyak dan terhubung dengan siklus bulan yang diyakini menjadi perangkap bagi larva yang berenang bebas. Hal ini terutama berlaku di sebelah selatan Pulau Bunaken yang berbentuk bulan sabit, dan terletak di pusat taman. Snorkeler atau penyelam di sekitar Lekuan atau Fukui bisa melihat banyak spesies ikan kupu-kupu dan berbagai jenis ikan kerapu, damsels, ikan keling dan ikan gobi. Ikan gobi adalah ikan bertubuh kecil dengan mata menonjol dan sirip dimodifikasi yang memungkinkan mereka untuk melekatkan tubuh di permukaan keras, kelompok ini adalah kelompok yang paling beragam tapi kelompok yang tidak terlalu dikenal.